Download Perahu Kertas Dee PDF

TitlePerahu Kertas Dee
File Size19.3 MB
Total Pages456
Document Text Contents
Page 2

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002
Tentang Hak Cipta

Lingkup Hak Cipta
Pasal 2:

1. Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak
Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, yang
timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa
mengurangi pembatasan menurut peraturan perundangan-undangan
yang berlaku.

Ketentuan Pidana:
Pasal 72:

1. Barangsiapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan
perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 49
Ayat (1) dan Ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing
paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp
1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7
(tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00
(lima miliar rupiah).

2. Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan,
atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran
hak cipta atau hak terkait sebagai dimaksud pada Ayat (1) dipidana
dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda
paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Page 228

216

Bandung, Januari 2001 ...

Belum genap seminggu kepindahannya ke tempat kos baru.
Kugy masih menyesuaikan diri dengan lingkungan dan
suasana yang berbeda. Jarak tempat kosnya kini lebih dekat
ke kampus, sehingga Kugy makin leluasa untuk bolak-balik.
Pas dengan programnya yang ingin secepat-cepatnya lulus.

Belum semua barang-barangnya tertata dengan rapi. Se-
tiap sore, Kugy mencicil beres-beres sendirian. Dan, entah
mengapa, ia mulai menikmati kesendirian ini. Sepi ini.

Kulonuwun!” Terdengar teriakan ma-
nusia yang mengganggu gendang telinga.

Kugy segera meletakkan buku-bukunya dan bergegas me-
nuju pintu. Eko?

Benar saja. Begitu pintu dibuka, tampaklah Eko dengan

“EKO?” Kugy tercengang seperti betulan melihat alien.
“Kok—tahu gua di sini?”

“Tanya sama anak-anaklah,” jawab Eko ringan, “gua tadi
tiba-tiba inget lu. Jadi kepingin nengok. Kangen gua.”

25.
HADIAH DARI HATI

Page 229

217

Kugy menghela napas, dibarengi senyum cerah yang lang-
sung mengembang. “Gua juga kangen sama elu,” sahutnya
sungguh-sungguh.

tangannya ke leher Kugy dan mengacak-acak rambutnya.
Mereka berdua tertawa-tawa. “Ada yang perlu gua bantu,
nggak, Gy? Lu pasti masih beres-beres, kan?”

“Bantuin beresin buku sambil bayarin gua makan nanti
malam, yuk.”

Eko langsung memonyongkan mulut. “Monyet,” dumel-
nya, “yang begini nih yang bikin orang nyesel.”

Kugy terbahak keras. “Selamat datang di jebakan

Tak lama kemudian, keduanya sudah berjongkok sambil
membereskan sisa barang Kugy yang masih berserakan di
lantai.

“Noni tahu lu ke sini, Ko?” Tiba-tiba Kugy bertanya.
“Nggak. Tapi nanti gua bilang ke dia,” jawab Eko,

“kenapa?”
“Nggak pa-pa. Mmm ....” Kugy menghentikan kegiatannya

sejenak, menimbang-nimbang apakah akan meneruskan
kalimatnya atau tidak.

“Yes?” tanya Eko lagi.
“Selama ini gua ngira, lu ikut ngejauhin gua. Walaupun

gua sebetulnya pingin banget bisa ngobrol dan dekat sama
lu kayak dulu, tapi yah, gua ngerti posisi lu yang serba sulit,
karena lu pacarnya Noni, dan mau nggak mau harus
mempertimbangkan perasaan dia,” jelas Kugy lirih. “Tapi,
jujur, gua kehilangan banget sama kalian berdua.”

“You know what, Gy?” Eko menatapnya lurus-lurus, “Gua
seneng dan lega lu akhirnya pindah kos. Karena setidaknya
gua punya jarak yang lumayan netral untuk bisa dekat sama
lu lagi. Gua bisa temenan sama lu, ngunjungin lu sekali-se-

Page 455

443

Tentang Penulis

Dewi Lestari, yang bernama pena
Dee, lahir di Bandung, 20 Januari
1976. Novel Perahu Kertas ini
sudah lebih dulu dilansir dalam
versi digital (WAP) pada April
2008, dan kini diterbitkan atas
kerja sama antara Truedee Books
dan Bentang Pustaka.

Naskah yang awalnya ditulis
pada 1996 dan sempat ‘mati suri’ selama 11 tahun ini
akhirnya ditulis ulang oleh Dee pada akhir 2007, menjadikan
Perahu Kertas sebagai novel pertamanya yang bergenre
populer. Kecintaan Dee pada format cerbung dan komik
drama serial telah menginspirasinya untuk menuliskan cerita
memikat ini.

Kiprah Dee dalam dunia kepenulisan telah membawanya
ke berbagai ajang sastra bergengsi di dalam maupun luar
negeri. Beberapa prestasi dan penghargaan yang baru-baru
ini diperolehnya antara lain: Top 88 Most Influential
Women in Indonesia (Globe Asia), The Most Outstanding
Woman 2009 (Kementerian Pemberdayaan Perempuan &
Kantor Berita Antara). Nama Dee juga muncul sebagai
peringkat pertama dalam polling nasional “Penulis Perem-
puan Paling Dikenal di Indonesia” tahun 2009.

Perahu Kertas adalah karya Dee yang keenam sesudah
Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh, Supernova:

Kini, Dee dan keluarga mungilnya menetap di Jakarta.

Page 456

444

Berinteraksilah dengan Dee di:

dee-idea.blogspot.com Fanpage: Dewi Lestari ID: deelestari

Similer Documents